Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli (LENGKAP !!)

Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli - Akuntansi berguna untuk mencatat transaksi yang ada pada perusahaan, tujuannya adalah agar jelas uang yang masuk, uang yang keluar, uang keluar untuk apa saja, berapa total laba perusahaan, berapa total aset, piutang dan masih banyak lagi. Intinya akuntansi berurusan dengan keuangan yang ada pada perusahaan.

Akuntansi? Suatu jurusan atau bidang ilmu yang sering kita temui di fakultas-fakultas ekonomi yang ada di Indonesia. Tidak hanya di tingkat universitas, di tingkat sekolah menengah kejuruan juga terdapat jurusan akuntansi. Dan saya yakin 75 persen pembaca blog ini adalah mereka yang memiliki minat di bidang akuntansi atau memang sudah terjun langsung dijurusan akuntansi. Jika iyaa, coba komentar dibawah ini sebutkan asal dan pendidikan yang ditempuh. Termasuk di sekolah mana atau di universitas mana yaa.. Biar blog ini semakin ramai dan menyebar manfaat untuk semua orang.

Baik, akuntansi sudah dikenal sejak manusia mengenal hitung-hitungan, entah pada abad berapa ngga tahu dan ngga penting untuk saat ini, karena kita sekarang bukan membahas sejarah tapi pengertian akuntansi secara umum dan berdasarkan ahli-ahli akuntansi yang memiliki pendapat terkait apa itu akuntansi. Beberapa pengertian dibawah ini kami kutip dari buku-buku karangan para ahli akuntansi, dengan sedikit modifikasi dari kami untuk memudahkan pemahaman tanpa mengubah maksud atau inti sari dari pernyataan-pernyataan beliau. 

AKUNTANSI - Pengertian Akuntansi
AKUNTANSI - Pengertian Akuntansi



PENGERTIAN AKUNTANSI MENURUT PARA AHLI

1. Menurut American Accounting Association
Buku karangan Illionois Evnaston yang diterbitkan oleh Ammerican Accounting Association pada tahun 1966 dengan judul A Statement O Basic Accounting Theory menyatakan bahwa pengertian akuntansi adalah :
Accountancy is the process of identifying, measuring and communicating economic information to permit informed judgement and decisions by user of the information.
Terjemahan dari pengertian di-atas adalah sebagai berikut : Akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

2. Menurut Sumarso SR
Dalam bukunya yang berjudul Akuntansi, terbitah tahun 1986 halaman 24 menyatakan bahwa pengertian akuntansi adalah suatu disiplin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efisien. Beliau juga mengkutip pengertian yang dikemukakan oleh American Accounting Association diatas. 

3. Menurut Donald E. Kieso
Menurut Donald E Kieseo mendefinisikan bahwa akuntansi memiliki tiga karakteristik penting, yaitu : (1) Pengidentifikasian, pengukuran, dan pengomunikasian informasi keuangan tentang (2) entitas ekonomi kepada (3) pemakai yang berkepentingan.

4. Menurut Warren 
Beliau mengungkapkan bahwa akuntansi itu merupakan kegiatan jasa yang memliki fungsi untuk menyajikan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan dari suatu perusahaan atau entitas ekonomi yang ditujukan untuk pengambilan keputusan ekonomi dalam memilih berbagai pilihan tindakan.

5. Menurut Firdaus A. Dunia 
Pengertian akuntansi menurut Firdaus A. Dunia adalah sebagai suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenai aktivitas bisnis dari suatu kesatuan ekonomi.

Dari beberapa pengertian-pengertian di-atas dapat kita simpulkan bahwa akuntansi mengandung beberapa point penting terkait dengan definisi akuntansi menurut para ahli di atas 

PENGERTIAN AKUNTASI SECARA UMUM

Akuntansi adalah 
1. Kegiatan jasa yang berupa pengidentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian kegiatan ekonomi 
2. Kegiatannya siapa yang dicatat? Suatu entitas ekonomi (perusahaan)
3. Dalam bentuk? Yang menghasilkan sistem informasi (dalam bentuk annual report (laporan keuangan)
4. Untuk siapa? Dimana sistem informasi yang dihasilkan tersebut digunakan oleh para pemangku kepentingan baik dari internal perusahaan itu sendiri maupun dari pihak eksternal.
5. Untuk apa? Untuk pengambilan keputusan. 


Bagaimana? Sudah paham sekarang tentang definisi akuntansi? Yang terpenting adalah anda memahami konsep, konsep atau inti dari pengertian akuntansi. Intinya ada 5 seperti yang kami jelaskan di atas. Bila kalian paham konsep itu, saya yakin akan bertahan lama di memori kalian. Semoga Allah mudahkan anda semua dalam belajar dan diberi kefahaman, Aamiin.

Posting Komentar untuk "Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli (LENGKAP !!)"